Kamis, 06 Desember 2012

Jadwal Toraja Lovely December 2012-2013

Gua tempat mayat Tana Toraja - http://tempatberlibur.wordpress.com
Hore liburan akhir tahun 2012 sudah datang. Buat yang mau liburan akhir tahun 2012 jangan lupakan Tana Toraja dan Toraja Utara di Sulawesi Selatan. Bakalan ada sejumlah event akbar kelas bergengsi bisa anda nikmati di sana. Bisa juga menunggu pergantian tahun (Tahun Baru 2013) dengan pesta kembang api.

Setiap tahunnya sich saya ingin ke kampung nenek saya itu. Tapi karena sibuk pekerjaan jadinya cuma bisa menghayalkan saja betapa indahnya dan serunya berlibur di Tana Toraja tepatnya di Rantepao Toraja Utara. Bagi wisatawan manca negara ini pasti seru. Karena bulan Desember adalah liburan panjang menyambut Natal dan Tahun Baru.

Pantas saja kini ada event tahunan digelar pemerintah setempat di Rantepao dan sekitarnya. Bukan hanya saya loh yang merindukan tapi semua yang pernah kesana pasti sangat rindu. Sebut saja "Lovely December and Holidays 2012" kini sudah masuk kalender tahunan di Sulsel. Saya termasuk orang yang pertama ikut ajang ini pada tahun 2008. Itung-itung waktu tahun 2008 itu saya juga rindu dengan nenek dan om-om muda saya yang menetap di Rantepao.

Memang sich dulu banyak pentas kesenian dan budaya Toraja yang ditampilkan. Sebut saja adat tradisional Rambu Solo. Sebuah prosesi upacara pemakaman khas Toraja. Makna tradisi ini untuk mengenang dan menghargai sanak keluarga yang telah meninggal dunia.

Waktu sepupu paman saya meninggal, acara yang sama juga saya ikuti langsung. Dan secara adat, paman saya wajib menyumbang dua kerbau juga. Katanya sich sudah keharusan demi menjaga martabat keluarga.

Selain itu banyak agenda lain waktu itu yang menarik seperti acara masakan khas kuliner Toraja. Event karnaval budaya, fun bike, jalan santai, kunjungan ke rumah adat tongkonan, melihat langsung kuburan mayat yang diawetkan dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Pokoknya itu semua yang kurindukan menjelang event Toraja Lovely December tahun 2012 ini. Mudah-mudahan tahun 2013 mendatang bisa ikut lagi menyaksikan sejumlah Event Toraja Lovely December. Apalagi saat ini saya sudah memiliki kamera andalan buat mengabadikan semua moment indah itu. Wow keren... Happy Holidays, Merry Christmas and Happy New Year 2013.

  1. Jelajah Sepeda wisata tgl 1 s/d 2 Des.
  2. Rakit Tradisional 5 Des. Bungin Pantan
  3. Jalan Santai 7 Des. Makale
  4. Trekking 10 Des. Burake Sangngalla
  5. Lomba Mancing 15 Des. Barereng Kurra
  6. Panjat Tebing 17 Des. Tana Toraja
  7. Lomba Tangkap Ikan 18 Des. Makale
  8. Lomba Pohon Natal Hias 20 s/d 25 Des. Sepanjang jln Poros Salubarani-Rantelemo
  9. Pameran Kuliner Dan Kerajinan 20 sd 31 Des. Makale
  10. Atraksi Tambahan pertunjukan Seni dan Budaya dari Kab di Sulsel 23 dan 26 Des. Makale
  11. Parade Busana Toraja 26 Des. Makale
  12. Saluputti Mamali 26 sd 29 Des. Saluputti Ulusalu
  13. Puncak Lovely Desember dan Natal Oikumene 27 Des. Makale
  14. Reuni Katolik 28 Des SMA Katolik. Makale
  15. MALAM APRESEASI BUDAYA (MAB II) SSN 29 Des Lap. Basket. Makale
  16. Pesta Kembang api dan tutup tahun 31 Des. Plasa Makale
More events visit: myMakassar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar