Senin, 11 Februari 2013

Paus Mundur Disertai Kilatan Besar

Paus Benediktus XVI dipastikan mundur akhir bulan ini setelah selama delapan tahun memimpin Gereja Katolik. Berita ini mengejutkan dunia lantaran kejadian yang sama terjadi hanya 6 abad lalu.

Vatikan menyebutkan, Paus yang baru akan dipilih sebelum Paskah mendatang. Paus Benediktus XVI yang bernama asli Joseph Aloisius Ratzinger itu naik tahta pada 2005 setelah kematian Paus Johanes Paulus II.

Sebagaimana dilaporkan BBC, Senin (11/2/2013), keputusan pengunduran diri ini sulit ditolak. Berdasarkan kode pemerintahan Gereja Katolik, yakni yang disebut dengan Canon Law, tidak ada syarat khusus untuk mengesahkan pengunduran ini. Pemerintah Vatikan akan segera mengumumkan persyaratan tersebut.

Pengunduran diri semacam ini sangat jarang. Paus terakhir yang mengundurkan diri sebelum Benediktus XVI adalah Paus Gregorius XII yang mundur pada 1415 akibat keretakan hubungan di Gereja Katolik. Adapun Alasan pengunduran diri Paus karena dia sudah terlalu tua dan kesehatannya menurun. Paus kini berusia 85 tahun.

Sejam setelah pengumuman mengundurkan diri, kota Vatikan langsung disambar kilatan petir yang menggemparkan warga. Petir yang bersahutan di kota tempat Paus pertama itu diyakini warga menjadi tanda-tanda Tuhan. (foto Paus AP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar